Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Konten di Internet

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Konten di Internet

Wulan Sari
Thursday 21 February 2019

Cara mendapatkan uang dari menulis konten

TRIKindo.comMungkin sebagian dari anda tidak percaya bahwa ada cara mendapatkan uang dari menulis konten. Masa sih? Kalau mau dapat uang dari menulis ya harus menulis buku dong! Eits, itu memang benar. Tetapi untuk menulis hingga mencetak buku membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tetapi dengan menulis konten di internet, anda tidak membutuhkan yang tidak terlalu lama.

Bahkan, semakin bagus konten yang anda buat. Uang yang didapatkan juga semakin besar. Tujuan orang mendapatkan uang dari internet bermacam-macam. Ada yang memang hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan saja, namun ada juga yang menjadikannya sebagai penghasilan utama.

Beruntung kita hidup di zaman yang serba digital. Dengan perkembangan internet yang semakin canggih, semakin mudah dalam mencari uang di dunia Maya. Salah satunya adalah dengan cara menulis konten di internet. Jika anda menekuninya secara serius bukan tidak mungkin penghasilan anda akan semakin bertambah.

Apakah dengan menulis bisa membuat kita kaya? Jawabannya sangat mungkin, namun semuanya tentu membutuhkan proses dan tidak ada yang instan. Banyak dari bloger-bloger profesional atau penulis-penulis lainnya mampu untuk menghasilkan pendapatan lebih dari 10 juta setiap bulannya, tetapi hal tersebut tidak didapatkan dalam waktu sehari semalam ya. Selengkapnya mengenai cara memperoleh uang dari menulis bisa anda baca berikut ini :


Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Konten

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari konten atau artikel yang dibuat. Baik itu menulis di blog atau website sendiri, menulis di situs milik orang lain, mengembangkan bisnis dari menulis. Bukan sekadar mimpi, anda mampu untuk menghasilkan uang dari menulis konten dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Menjadi Bloger

Bloger merupakan orang-orang yang menulis konten pada narablog, baik itu platform blogger maupun wordpress. Tetapi anda jangan salah kira terlebih dahulu, untuk bisa mendapatkan uang dengan menjadi seorang bloger membutuhkan waktu yang panjang. Butuh proses dan juga perjuangan.

Anda bisa mengikuti program periklanan Google adsense yang dimiliki oleh raksasa internet yaitu google. Jadi, iklan tersebut akan terpasang pada blog anda. Setiap ada klik iklan maka anda akan mendapatkan uang. Penghasilan baru bisa anda terima ketika saldo mencapai 1,3 juta.

Bukan hanya google adsense saja, masih banyak web periklanan sejenis yang bisa anda coba yang tentunya dengan bayaran yang tidak kalah besarnya. Tetapi tetap, tidak sembarangan blog bisa mengikuti program periklanan. Blog harus diperbaiki terlebih dahulu agar bisa memenuhi persyaratan dan aturan dari program periklanan yang diikuti.Yuk coba jadi Bloger.

2. Menjadi Kontributor Website

Ada banyak website membutuhkan banyak sekali penulis untuk bisa meningkatkan trafik situs tersebut. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk bisa mendapatkan uang. Syaratnya, anda harus bisa menulis konten untuk topik-topik tertentu seperti bisnis, wisata, pendidikan, kuliner, dan sebagainya.

Beberapa website yang seperti idntimes atau klikmania telah terbukti membayar penulisannya. Untuk klikmania anda akan dibayar setelah saldo 100 ribu rupiah, sedangkan idntimes anda bisa mendapatkan uang berdasarkan poin yang diperoleh dari tulisan yang dibuat.

Tak hanya idntimes dan klikmania saja, website lain seperti UC news dan babe juga membayar penulisnya sesuai kualitas artikel yang dibuat. Jadi tidak hanya menulis di blog pribadi saja bisa mendapatkan uang, menulis di web orang lain pun juga bisa mendapatkan uang. Keren kan?

Baca juga : manfaat guest post

3. Menawarkan Jasa Penulisan Konten

Bisnis jasa penulisan kini menjadi bisakah satu cara mendapatkan uang dari menulis konten yang cukup banyak dilakukan. Harga pasarannya sendiri sekitar 25.000 hingga 30.000 per Artikel untuk 1000 kata. Bahkan anda bisa menawarkan harga yang lebih daripada itu jika memang tulisan anda memang benar-benar wah berbeda dengan penulis lainnya.

Memang ada yang mau beli artikel kita? Tentu saja ada. Di zaman yang serba modern seperti ini, pertumbuhan bloger sudah semakin pesat. Merekalah yang biasanya memesan artikel untuk diisi pada blog mereka. Tak sekadar itu saja, para pemilik toko online terkadang juga memerlukan seorang atau beberapa penulis untuk membuat konten untuk memasarkan produk yang dijual. Jadi, insyaallah pembeli akan tetap ada.

4. Mencari Freelancer Konten Online

Selain itu, anda juga bisa menjadi freelancer konten untuk bisa mendapatkan uang dari menulis. Situs-situs seperti sribulancer, freelancer, projects.co.id, atau fastwork bisa menjadi tempat bagi anda untuk mencari orang-orang yang membutuhkan seorang penulis. Yuk dicoba..

5. Menjadi Penulis Media

Beberapa media juga membutuhkan penulis tambahan untuk menuliskan konten berita. Bukan sekadar menulis saja, disini anda juga dituntut memahami kaidah ilmu jurnalistik dalam penulisan. Selain itu berita yang dibuat harus benar-benar hot, terupdate, dan teraktual sehingga bisa langsung disampaikan kepada para pembaca.

Baca juga : konten berkualitas, bagaimana cara membuatnya?

6. Mengikuti Lomba Menulis Blog

Sebenarnya sih ini untung-untungan juga. Jika anda berhasil menang maka uang akan didapat, sedangkan jika kalah tidak atau sedikit mendapatkan uang. Pada umumnya lomba blog memiliki 2 jenis aturan, yakni murni dari konten yang dibuat dan juga berdasarkan hasil pemeringkatan di google search.

Bagi anda yang merasa memiliki kemampuan lebih dari menulis artikel blog bisa dicoba mengikuti berbagai kompetisi yang pada bulan ini diadakan oleh beberapa website. Selain itu bila anda jago atau ahli dalam Search Engine Optimization, bisa mengikuti lomba blog dengan sistem penilaian hasil pemeringkatan artikel di google search, baik itu google.co.id ataupun google.com.

Tetapi saya masih pemula min. Gimana dong? Coba saja, asal blog sudah memenuhi kualifikasi coba ikuti saja. Jangan pikirkan menang atau kalah terlebih dahulu. Yang terpenting anda sudah berusaha semaksimal mungkin. Jika memang pada akhirnya kalah atau belum menang, anda bisa belajar dari kekalahan tersebut untuk jadi lebih baik lagi ke depannya. Syukur-syukur apabila anda menang.

Baca juga : cara mendapatkan ide tulisan

Hati-hati Dengan Website Abal-abal

Mungkin anda begitu antus ketika mendengar ada lowongan sebuah situs membutuhkan penulis dan anda akan dijanjikan bayaran dalam jumlah tertentu. Jika anda pernah mengalami hal seperti itu selalu croscek websitenya lebih dalam, ketahui juga siapa admin dibalik website tersebut.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab sudah banyak sekali orang-orang atau Bloger yang tertipu. Mereka sudah menulis banyak artikel, tetapi justru malah tidak dibayar. Setelah ditelisik lebih dalam, ternyata website tersebut tidak jelas. Begitupun juga adminnya. Tetapi tidak semua seperti itu kok. Masih banyak yang lainnya yang juga terbukti para penulisnya.


Nah sekarang sudah percaya kan jika menulis itu benar-benar bisa mendapatkan uang? Ayo tunggu apa lagi, bagi anda yang mempunyai kemampuan di bidang tulis menulis bisa dicoba untuk mendapatkan uang dari internet seperti apa yang sudah saya sebutkan di atas. Terima kasih, semoga artikel mengenai cara mendapatkan uang dari menulis konten bermanfaat bagi anda semua.